Kulit Gatal Karena Alergi

Pencegahan Gatal Alergi Kulit

Mencegah datangnya gatal alergi kulit adalah hal yang utama dilakukan pada penderita. Ada harus tahu terlebih dahulu penyebab alergi pada diri Anda. setelah tahu penyebab alergi maka selanjutnya Anda harus melakukan pencegahan yang tepat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan datangnya alergi tergantung pada jenis alergi yang Anda alami, di antaranya yaitu :


kulit gatal alergi, minyak ular obat gatal

1. Pencegahan Alergi Udara Dalam Ruangan

Udara yang kotor dan bau sering membuat orang menjadi gatal alergi bentol kulit. Untuk menghindarinya maka ruangan rumah Anda harus bersih dari segala macam kotoran dan pemicu alergi, seperti ruangan lembab, bulu binantang peliharaan (kucing, anjing, burung dan lainnya).


Alergi yang menjangkiti Anda itu menandakan bahwa kepedulian Anda terhadapa kebersihan rumah kurang. Sering kali orang yang bertamu pada rumah yang kotor dan dipenuhi bulu binantang menjadi alergi. Bila itu terjadi pada tamu yang kunjung ke rumah Anda pastinya Anda akan menyesal dan malu. Sebelum kejadian itu terjadi maka Anda harus melakukan pembersihan rutin terhadap rumah Anda, seperti menyapu lantai, menyedot debu karpet, membersihkan perabotan rumah (sofa, kursi dll), mengepel secara berkala setidaknya 3 hari sekali.


Bila Anda memiliki hewan peliharaan maka mandikan ia setiap seminggu sekali. Hewan peliharaan yang mudah kotor misalnya kucing dapat dimandikan kurang dari itu, misalnya 4 hari sekali. 

2. Pencegahan Alergi Udara Luar Ruangan

Banyak kasus gatal alergi bentol kulit yang disebabkan oleh udara luar ruangan yang bercampur dengan pemicu alergi, contohnya yaitu serbuk bunga, jamur, daun tanaman, getah pohon dan lainnya.

Mencegah alergi karena serbuk bunga merupakan yang tersulit dilakukan karena hal itu tidak dapat dilihat oleh mata. Untuk mengatasinya hal tersebut maka Anda harus bertanya kepada dokter bunga dan tanaman apa saja yang menyebabkan alergi. Setelah Anda tahu selanjutnya Anda harus membabat habis semua bunga dan tanaman pemicu alergi di rumah Anda. bila tetangga Anda menanam bunga dan tanaman pemicu alergi maka sebaiknya Anda harus memberitahukan tentang alergi dan penyebabnya kepada tetangga dengan harapan dia tidak menanam bungan dan tanaman tersebut.


3. Pencegahan Alergi Makanan

Menghidari makanan pemicu gatal alergi bentol kulit merupakan jurus amph bagi penderita alergi makanan. Makanan pemicu alergi makanan sangat banyak dan beragam, contohnya kacang tanah, udang, daging kambing, cumi-cumi, susu, kerang, stroberi, tomat, kacang, ikan dan lainnya.

Mendiagnosis makanan pemicu alergi adalah awal dari pencegahan. Anda bisa mencarinya di buku kesehatan atau langsung bertanya pada dokter spesialis kulit. Langkah berikutnya adalah menahan nafsu memakan makanan pemicu alergi tersebut walaupun disajikan dengan menu masakan yang lezat dan enak. Kebanyakan orang tidak mampu menahan nafsu makannya sehingga berakibat buruk pada dirinya sendiri. Pikir ulang akibat dari perbuatan Anda itu, ingat-ingat betapa gatal dan sakitnya ketika kulit menjadi gatal dan bentol.

Langkah selanjutnya adalah meminta orang tua atau istri untuk menghindari bahan makanan pemicu alergi gatal gatal anda. katakan pada mereka bahwa Anda dilarang keras oleh dokter untuk memakan bahan makanan tersebut. Bila mereka ingin memakan makanan pemicu alergi Anda maka katakan makan dan simpan baik-baik agar tidak termakan oleh Anda.

4. Pencegahan Alergi Gigitan Serangga

Gatal alergi kulit sering dialami manusia karena digigit oleh serangga. Menghindari alergi gigitan serangga memang sulit dilakukan mengingat jenis spesies ini lebih dari 990 ribu. Apakah Anda tahu berapa jumlah seluruh serangga di muka bumi ?

Jawabannya adalah berjumlah lebih dari 10 ribu trilyun. Mereka ada di mana-mana, di gunung, pantai, danau, sungai, padang pasir, perkotaan, pedesaan dan seluruh permukaan bumi. Di rumah Anda saja akan ada serangga berjumlah ribu an bahkan lebih. Mereka hidup di tembok, atap, pohon, bawah tanah dan tempat lainnya.

kulit gatal alergi, minyak ular obat gatal
Gigita serangga merupakan serangan paling banyak dialami manusia selama hidupnya. Bagi Anda yang alergi terhadap serangga tidak perlu frustasi dan menyerah. Anda bisa melakukan pencegahan terhadap gigitan serangga, di antaranya yaitu selalu memakai alas kaki setiap keluar rumah, tidak mendekati tanaman yang berbunga ( seperti mawar, tulip, melati dan lainnya), memberantas serangga dengan cara efektif dan efisien.

Dengan melakukan hal tersebut maka serangan serangga pada rumah Anda akan dapat diminimalisir. Anda harus secara rutin membasmi serangga pemicu alergi yang muncul di hadapan Anda. Jangan pernah malas untuk menginjak, memukul dan menyemprot serangga jahat.

Nah itulah cara mengobati dan mencegah gatal alergi kulit. Lakukanlah pengobatan dan pencegahan dengan rajin agar kesehatan Anda dan keluarga bisa terjamin. Selamat hidup sehat !