Membalut Luka Luar Untuk Mencegah Infeksi

Membalut Luka Luar Untuk Mencegah Infeksi
Membalut luka luar. Luka akibat jatuh terpeleset tersandung, atau kecelakaan lalu lintas harus segera mendapat perawatan luka luar. Tindakan ini sangat penting dalam mengatasi terjadinya luka terbuka atau perdarahan luar, salah satu nya dengan teknik membalut pada luka tersebut.

Secara defenisi Penutup Luka adalah suatu bahan yang diletakkan tepat di atas luka, mempunyai daya serap baik, ketebalan 2-3 cm, ukuran cukup besar untuk menutupi seluruh permukaan luka dan dapat mencegah keluar masuknya udara sehingga kelembaban organ dalam terjaga pada korban.

Penutup luka ini memiliki fungsi penting dalam mengatasi perdarahan yang terjadi pada luka luar yaitu;
  • Membantu mengendalikan perdarahan. 
  • Mencegah terjadinya kontaminasi penyebab infeksi
  • Mempercepat penyembuhan. 
  • Mengurangi rasa nyeri. 
Sebagai awam atau masyarakat biasa tentunya masih bingung apa yang dapat dijadikan sebagai bahan penutup luka, apalagi jika melihat darah yang keluar dari luka terbuka yang dialami korban sangat banyak. Mungkin saja teman-teman akan sedikit panik dan kebingunan melihat hal itu sehingga proses. Pertolongan Pertama terlambat dan dapat membahayakan nyawa korban.

Kalau hal di atas yang teman-teman temukan maka tidak perlu untuk panik atau bingung, segera tutup dan balut luka tersebut dengan bahan yang relatif bersih sebagai contoh adalah kasa steril atau kain bisa juga bahan lainnya yang dapat menyerap darah yang keluar dari luka sekaligus menghentikan perdarahan.

Jangan menggunakan bahan yang mudah melekat pada luka seperti kapas, tisu dan lain-lain, bila ingin menggunakan kapas bungkus kapas tersebut dengan kasa steril sebagai perantara dengan luka serta perhatikan kalau menggunakan bahan penutup luka yang mengandung obat. Baca dahulu etiket yang ada pada bahan sebelum menggunakannya.