Penyebab Dan Cara Mengobati Bisul

Bisul adalah sekumpulan nanah (neutrofil mati) yang telah terakumulasi dan terkumpul pada rongga di jaringan kulit setelah terinfeksi sesuatu (umumnya karena bakteri atau parasit) atau barang asing (tertusuk benda asing dan tertinggal di dalam kulit). Bisul adalah reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari dan mencegah menyebar nya barang asing di tubuh.

Organisme atau benda asing yang tertinggal di dalam jaringan kulit atau daging membunuh sel sekitarnya, mengakibatkan keluarnya toksin. Toksin tersebut menyebabkan radang, sel darah putih mengalir menuju tempat tersebut dan kemudian meningkatkan aliran darah di tempat tersebut.

Struktur terakhir bisul adalah dinding bisul yang terbentuk oleh sel sehat untuk mencegah barang asing tersebut masuk ke dalam tubuh dan mencegah terkena nya sel lain. Namun, enkapsulasi ini berfungsi untuk mencegah sel imun untuk menyerang bakteri atau barang asing di bisul.

Cara Mengobati Bisul

Seringkali bisul dibiarkan saja, tak segera diobati. Tunggu sampai istilahnya "matang". Padahal, justru sebetulnya kalau bisa bisul jangan sampai bernanah, "Karena bisa terjadi kerusakan jaringan yang lebih parah dan banyak lagi. Kulit bisa berongga.

Jika bisul hanya satu atau beberapa dan masih kecil di permukaan biasanya bisa disembuhkan dengan salep antibiotik. Pemakaian obat dalam bentuk salep atau minyak yang dioleskan di kulit lebih efektif ketimbang pengobatan jenis lain. Obat-obatan semacam salep dan minyak ini sangat dianjurkan untuk kulit karena dibuat dengan daya serap yang cukup efektif terhadap kulit. Tapi, jika sudah membesar, agak dalam dan banyak, anak perlu diberi obat antibiotik yang diminumkan juga.